Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan File Explorer Baru di Windows 10

How to enable new File Explorer in Windows 10

Microsoft menawarkan Windows Explorer alias File Explorer yang mudah digunakan untuk mengelola file dan folder di komputer Anda.  Sejauh ini, perusahaan telah mencoba mempertahankan desain antarmuka sehingga perubahan besar tidak mempengaruhi atau membingungkan pengguna.

Namun, perusahaan telah memiliki ide baru untuk sedikit mengubah antarmuka.  Dalam pembaruan baru untuk Windows 10, perusahaan telah menambahkan File Explorer baru yang dapat diaktifkan dengan tweak.

Windows Explorer baru adalah Universal Windows Platform (UWP) yang hanya tersedia di Windows 10 v1703 atau yang lebih baru.  Jika Anda kurang yakin dengan versi yang Anda gunakan, buka perintah Run dan ketik winver untuk mengetahui detailnya.


Cara Mengaktifkan File Explorer Baru di Windows 10

Untuk menggunakan file explorer baru di sistem Windows 10 Anda, kami akan membuat pintasan dan mengarahkannya ke windows explorer baru.  Berikut adalah cara mengaktifkannya.

Langkah 1: Klik kanan pada layar hitam di desktop Anda.

Langkah 2: Dari opsi yang tersedia, klik New > Shortcut.

Langkah 3: Di Wizard Pintasan, masukkan teks berikut di lokasi:

explorer shell:AppsFolderc5e2524a-ea46-4f67-841f-6a9465d9d515_cw5n1h2txyewy!App



Langkah 4: Klik "Next" untuk memasukkan nama pintasan dan kemudian klik "Finish".


Proses pembuatan pintasan sekarang selesai.  Sekarang, jika Anda mengklik pintasan ini, jendela File Explorer baru akan terbuka di komputer Anda.  Ini seperti windows explorer biasa, tetapi dengan pengguna antarmuka yang disempurnakan dan dimodernisasi.